Cara Scan Virus di Komputer Menggunakan Smadav

Cara scan virus menggunakan antivirus Smadav,- Bagi pengguna komputer atau laptop pengetahuan akan merawat komputer sangat diperlukan, pasalnya dengan merawat komputer dengan baik akan membuat komputer tersebut akan berumur panjang alias tidak cepat rusak. Tidak cuman merawat komputer dari luar saja (hardware) melainkan juga harus dilakukan dari dalam, hal ini bukan tanpa maksud karena bisa saja hardware komputer rusak disebabkan dari dalam. Kebanyakan komputer mengalami masalah bukan dari hardwarenya melainkan dari dalam, baik itu karena salah pengaturan, menginstall sesuatu program yang tidak jelas dan dari semua itu yang paling buruk adalah terkena virus.

Memang virus adalah musuh utama bagi para pengguna PC, bukan hanya bisa membuat PC kita rusak dari dalam melainkan sebagian virus bisa mencuri data penting yang ada di komputer kita. Seperti halnya virus pada manusia virus yang ada di komputer tidak akan pernah hilang sebelum kita membasminya, dan sebagian virus juga bisa menggandakan diri di komputer. Oleh karena itu jagalah komputer anda dari segala jenis virus yang bisa menyebabkan komputer anda rusak nantinya, nah untuk memberantas virus yang ada di komputer atau laptop bisa menggunakan antivirus komputer dan antivirus ini salah satu software yang wajib anda install di komputer anda.


Sejak kemunculan virus di komputer yang tidak lain dibuat oleh orang, maka dibuatlah Antivirus sebagai penangkal virus komputer tersebut. Sekarang ini semakin berkembangnya jumlah virus di dunia komputer mulai dari yang biasa hingga yang sangat mengerikan sudah banyak antivirus yang dibuat sebagai penangkal virus tersebut, seperti yang mungkin paling populer didunia yaitu Bitdefender, Kaspersky, Avast!, Avira, Norton dan lain-lain. Walaupun antivirus tersebut bisa dibilang terbaik di dunia namun antivirus tersebut belum banyak bisa memberantas virus yang ada di indonesia.

Baca: Cara mengamankan file penting di komputer dengan Smadav

Untuk mengatasi masalah antivirus yang ada di indonesia, anda bisa menggunakan antivirus buatan anak bangsa, salah satu yang populer sekaligus terbaik di indonesia adalah SmadAV Antivirus. Dikatakan terbaik di indonesia karena smadav ini mempunyai database antivirus paling banyak dibandingkan dengan antivirus lokal lainnya. Untuk Antivirus smadav ini juga sangat ringan digunakan, oleh karena itu sangat cocok dikombinasikan dengan antivirus luar negeri. Kelebihan smadav ini yang paling menonjok bisa dilihat dari terdapatnya fitur scan flashdisk otomatis, yang bisa kita liat saat kita menamcapkan flashdisk ke komputer kita. Terlebih lagi Smadav menjadi antivirus dengan proses scan yang cukup cepat, hal ini tentunya tidak membuat kita menunggu lama dalam scan komputer. Nah jika anda belum tahu cara penggunaan Smadav dalam scan komputer bisa dilihat dibawah ini.

Cara Scan Virus Menggunakan Antivirus SmadAV


1. Pertama yang pasti anda harus mempunyai software smadav, jika belum punya bisa di download di situs resminya www.smadav.net.

2. Kemudian silahkan buka Antivirus Smadav, setelah itu pilih menu "Scanner". Pada menu tersebut silahkan pilih metode scan, disini anda bisa memilih metode scan cepat atau scan total. Jika memilih metode scan cepat berarti smadav akan menscan sebagian drive di komputer yang dianggap penting, dan jika memilih metode total berarti semua bagian dari komputer anda akan discan. Silahkan pilih metode yang anda inginkan, jika sudah silahkan klik "Scan".


3. Disini smadav terlebih dahulu akan menganalisa semua drive dan folder yang ada di komputer anda sebelum menscan, silahkan tunggu saja prosesnya hingga selesai. Jika terdapat virus dikomputer anda maka otomatis smadav akan menampilkannya virusnya. Dan jika sudah selesai silahkan klik "Bersihkan" untuk membersihkan virus tersebut dari komputer anda.


Nah mudah bukan cara scan virus menggunakan antivirus lokal smadav, silahkan scan satu seminggu sekali atau sebulan sekali agar komputer atau laptop anda terhindar dari virus. Demikian tips yang dapat saya bagikan dan terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengetik Huruf atau Simbol Yang Tidak Ada di Keyboard

Cara Membeli Pulsa Online di Bukalapak Via Aplikasi Android

Tutorial Cara Membeli Domain di RumahWeb