5 Hal Yang Harus Kamu Lakukan Setelah Ganti Domain

Hal yang harus kamu lakukan setelah ganti domain blogspot ke domain TLD,- Top Level Domain adalah sebuah istilah di internet yang menjelaskan mengenai akhiran dari sebuah domain yang memiliki kualitas dan tingkatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan domain lain, contohnya .com, .net, .org, .co dan lain-lain. Top Level Domain atau TLD juga memiliki ciri khas sendiri-sendiri di berbagai negara semisal jika domain di atas yang sudah saya sebutkan merupakan domain yang tidak memiliki ciri khas negara atau bisa disebut domain internasional, di indonesia juga terdapat domain dengan ciri khas sendiri seperti .co.id, .id, .or.id dan lain-lain. Hal tersebut diberlakukan agar setiap web atau blog bisa dikenal dari mana negara asalnya.

Bagi pemilik blog baik yang berplatform gratis seperti blogger, menggunakan domain TLD atau yang berbayar merupakan hal yang bisa membuat blog tersebut lebih terlihat profesional. Pasalnya menggunakan domain TLD akan membuat blog lebih baik di mata pengunjung, terlebih lagi penggunaan domain TLD juga bisa membuat domain atau alamat blog lebih simple yang tentunya akan lebih mudah untuk dihafal baik bagi anda sendiri atau pun pengunjung. Terlebih lagi domain berbayar akan lebih dipercaya tidak cuman oleh pengunjung tetapi juga oleh mesin pencarian seperti google, yahoo, bing dan lain-lain.


Untuk mengganti domain blog pada platform blogger caranya cukup mudah, karena pihak blogger sudah menyediakan fitur yang bisa digunakan untuk mengatur pemasangan domain dari penyedia domain di seluruh dunia. Hal tersebut juga lebih di perkuat dengan banyaknya para blogger yang sudah mengganti domain mereka ke domain berbayar, jadi jika anda serius dalam mengelola blog di blogger, custom domain bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk mengiringinya. Walaupun begitu mengganti domain juga tanpa masalah, masalah yang sering kali timbul yaitu turunnya jumlah visitor blog. Namun jangan khawatir karena hal tersebut memang sudah biasa dan nantinya akan stabil kembali malah bisa semakin naik.

Lalu apa yang harus dilakukan setelah ganti domain? mungkin hal tersebut sudah banyak ditanyakan oleh para blogger diluar sana yang sudah mengganti domain, untuk menjawab pertanyaan tersebut bisa anda lihat dibawah ini.

Hal yang harus kamu lakukan setelah Ganti domain TLD


Dikarenakan mengganti domain ke TLD sama saja seperti membuat blog baru, hal yang harus dilakukan juga sama dengan saat setelah membuat blog baru, berikut hal-hal yang harus dilakukan.

1. Mendaftarkan ulang blog ke Google Webmaster Tools dan Bing
Hal pertama yang harus kamu lakukan setelah ganti domain adalah mendaftar dan verifikasi ulang ke webmaster dan bing, karena dua hal tersebut adalah hal terpenting baik setelah membuat blog atau ganti domain ke TLD. Alasannya sendiri karena domian baru membutuhkan waktu yang cukup lama untuk  terindex di masin pencarian, namun dengan mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tools dan Bing akan bisa mempercepat terlihatnya domain baru di mesin pencarian.

Baca: 7 Hal yang harus kamu lakukan setelah membuat blog

Lalu bagaimana untuk verifikasi blog dengan domain yang lama? Untuk itu jangan dihapus atau silahkan biarkan saja, karena sebelum domain lama sepenuhnya berganti ke domain baru, URL postingan yang ada di mesin pencarian akan tetap dengan domain lama tapi jika di kunjungi akan redirect ke domain baru. Untuk itu silahkan biarkan saja atau biarkan berduplikat, Tapi jika domain lama sudah sepenuhnya berganti ke domain baru bisa menghapus verifikasi domain yang lama di webmaster atau bing.

2. Mendaftarlkan Ulang Blog ke Google Analytics
Seperti halnya webmaster tools dan bing mendaftar google analytics juga menjadi salah satu hal wajib bagi blog baru atau blog yang sudah berganti domain, Google analytics ini berfungsi untuk memonitor aktifitas dari blog atau web secara akurat baik dari segi visitor dan page view. Disini anda bisa menghapus verifikasi atau properti dari domain lama dan mengantinya dengan verifikasi domain yang baru, karena blog otomatis akan redirect ke domain baru.

3. Submit ulang Sitemap di Webmaster Tools
Nah submit ulang sitemap dengan domain yang baru ke webmaster juga hal yang pentingm, karena sitemap atau peta situs disini berfungsi sebagai file yang berisi mengenai keseluruhan blog kita, dengan submit sitemap akan membuat google lebih mudah mendeteksi dan mengindek blog kita di mesin pencarian khususnya search google.

Untuk itu silahkan submit sitemap blog anda baik di webmaster bing atau google webmaster tools, untuk submitnya boleh "sitemap.xml" saja atau juga bisa ditambahkan yang lain. Baca: Cara submit sitemap di webmaster tools lengkap

4. Mendaftar ulang ke Alexa, Feedburner
Dikarenakan mendaftar dan verifikasi blog ke situs alexa sudah ditutup maka tidak usah lagi mendaftarkan blog ke alexa, namun untuk feedburner bisa anda lakukan. karena jika anda pengguna blog berplatform blogger mendaftar feedburner perlu anda lakukan. Alasanya sendiri karena feedburner memang ditujukan untuk blogger untuk membuat ID feed yang bisa dibagikan kepada pengunjung.

5. Daftar Google Adsense dengan Domain TLD
Untuk langkah nomer 5 disini perlu anda lakukan Jika sebelumnya anda sudah pernah mendaftar dengan google adsense dengan domain blogspot dan google adsense anda adalah Hosted, maksudnya disini jika google adsense anda adalah hosted maka iklan tidak bisa tampil di domain TLD, untuk itu silahkan upgrade google adsense anda ke Non Hosted dengan domain baru. Namun jika anda memasang iklan adsense ke domain TLD dan ternyata iklan mau muncul berarti akun adsense anda Non Hosted.

Nah itulah 4 hal wajib yang harus anda lakukan setelah ganti domain dan tips 1 tambahan jika anda sudah pernah mendaftar google adsense. Demikian artikel mengenai blog yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengetik Huruf atau Simbol Yang Tidak Ada di Keyboard

Cara Membeli Pulsa Online di Bukalapak Via Aplikasi Android

Tutorial Cara Membeli Domain di RumahWeb