Cara Membuat Paragraf atau Alenia Otomatis di MS Word

Cara mudah membuat dan mengatur paragraf di ms word secara otomatis,- Apa itu paragraf?, bagi sebagian pasti sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan paragraf. Paragraf sendiri juga bisa dibilang sebagai alenia yaitu sekumpulan kalimat  yang saling berkaitan kalimat satu dengan kalimat lainnya, yang akhirnya membuat sebuah barisan. Paragraf juga bisa di istilahkan sebagai bentuk karangan dari penulis sehingga membentuk sebuah barisan kalimat. Paragraf bisa kita jumpai pada sebuah artikel baik buku, novel, majalah atau dari artikel di internet. Fungsi paragraf sendiri agar pembaca dengan mudah membaca setiap tulisan dari penulis, jika tidak ada sebuah paragraf sebuah tulisan atau artikel akan terkesan tidak rapi dan orang pasti enggan untuk membacanya. Nah dengan menggunakan sebuah paragraf akan membuat tulisan lebih hidup dan lebih enak untuk dipandang mata.

Baca: Cara mengatur waktu autosave di MS Word

Untuk membuat paragraf sendiri kita bisa membuat langsung dengan tulisan, namun jika tulisan tersebut harus di cetak tentunya harus menggunakan aplikasi pengolah kata. Untuk aplikasinya mungkin yang paling populer adalah Microsoft word, karena MS Word milik salah satu perusahaan terbesar didunia yaitu Microsoft. Nah untuk membuat paragraf dengan menggunakan MS WOord cukup mudah karena disitu sudah disediakan fitur untuk membuatnya. Jika anda masih bingung dalam membuat sebuah paragraf di ms word yang biasanya awal di paragraf agak mundur sedikit kebelang disni saya akan membagikan tutorialya, disni saya akan memberikan 2 tutorialnya yaitu yang pertama dilakukan dengan cara manual dan yang kedua dilakukan dengan otomatis. untuk tutorialnya bisa dilihat dibawah ini.

Cara Membuat Paragraf di MS Word Secara Manual

Untuk yang pertama ini cukup mudah karena kita hanya menggunakan bantuan keyboard, berikut caranya.

1. Pertama silahkan letakkan kursor di awal kalimat paragraf.
2. Kemudian tinggal tekan tombol "Tab" pada keyboard.
3. Maka tulisan di awal paragraf akan muncur sedikit.

Jika artikel atau tugas yang anda buat memiliki paragraf yang cukup banyak anda bisa menggunakan cara kedua ini, karena cara ini akan otomatis membuat sebuah paragraf anda mundur sedikit di setiap awal kalimat paragraf.. Berikut tutorialnya.

Cara Membuat Paragraf di MS Word Secara Otomatis

Sebelumnya masuk ke tutorial sedikit saya beritahukan bahwa diisni saya menggunakan ms word 2007, jika anda pengguna ms word versi lain tutorial ini masih bisa dilakukan karena caranya sama saja.

1. Pertama buka lembar kerja anda lalu blog semua tulisan paragraf.
2. kemudian pada menu home silahkan klik tanda kecil di samping tulisan paragraf. Berikut contohnya.


3. Selanjutnya akan muncul popup pengaturan paragraf, untuk pengaturan paragraf secara otomatis tinggal pilih "First line" pada bagian special lalu klik OK untuk menyimpan.


4. Disni sebenarnya paragraf anda sudah jadi, namun jika menurut anda pada awal kalimat tulisan yang mundur kebelakang kurang sesuai anda masih bisa mengaturnya dengan cara memblok semua paragraf lalu klik ikon panah di rule ms word. dan geser hingga sesuai dengan posisi yang ada kehendaki.


5. Semoga berhasil.

Dengan begitu paragraf anda sudah jadi secara otomatis tanpa harus melakukannya dengan manual, demikian tips ms word yang dapat saya bagikan dan selamat mencoba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengetik Huruf atau Simbol Yang Tidak Ada di Keyboard

Tutorial Cara Membeli Domain di RumahWeb

Cara Membeli Pulsa Online di Bukalapak Via Aplikasi Android