[Panduan] Tutorial Lengkap Membuat Blog Hingga Sukses

Tutorial lengkap membuat Blog untuk pemula A hingga Z,- Berbeda dengan postingan sebelumnya kali ini saya akan membuat sebuah postingan khusus, dimana postingan ini memperingati satu tahun blog ini yaitu tepatnya kemarin tanggal 15 Desember 2016. Kali ini saya tidak akan membuat sebuah tutorial baik itu tutorial blog ataupun software, tetapi saya akan merangkum semua postingan di blog ini mengenai "tutorial blog". Tutorial ini saya buat agar anda khususnya yang masih baru belajar bisa mengetahui semua tutorial mengenai blogging yang sudah saya posting selama ini, atau setahun ini menurut pengalalaman saya selama berkecimpung di dunia blogger. Untuk itu bagi anda yang ingin belajar blog hingga menghasilkan uang dari blog anda, bisa mengikuti semua tutorial blog yang sudah saya posting di blog ini. Sebelum itu saya akan menjelasakan sedikit mengenai blogger.

Bagi anda yang ingin membuat blog saya sarankan menggunakan blogger.com, dikarenakan blogger sendiri memiliki banyak fitur untuk mempermudah mengelola blog anda, terlebih lagi blogger merupakan layanan milik google yang notabene adalah perusahaan di bidang internet terbesar di dunia. Untuk blog yang dibuat di platform blogger tentunya gratis atau tidak berbayar, walaupun begitu blog yang dibuat di blogger memiliki domain yang sama yaitu blogspot. Namun jika anda ingin mengganti domain di blog dengan domain TLD (Top Level Internet Domain) seperti (dot)com, net, co.id, org dan lain sebagainya anda masih bisa menggantinya karena blogger sendiri sudah menyediakan fitur untuk custom domain. Dan kelebihan dari blog yang dibuat oleh blogger adalah mampu bersaing dengan web atau blog berbayar lainnya.


Nah sudah tahukan apa saja manfaat jika anda membuat sebuah blog di blogger, terlebih lagi anda bisa menghasilkan uang dari blog anda seperti dari menjual jasa, produk, hingga yang mungkin paling populer adalah bekerja sama dengan media periklanan. Sebelum melangkah dari hobi ke penghasilan silahkan simak rangkuman tutorial blog yang ada dibawah ini yang saya buat selama berkecimpung di dunia blogging. Berikut rangkumannya.

Tutorial Dasar Membuat Blog di Blogger

Mungkin banyak dari anda yang sudah lama berkecimpung di dunia blogger mengetahui dasar-dasar dalam membuat blog, seperti harus mempunyai gmail, buat akun di blogger, posting artikel, ganti template, dan lain-lain. Namun untuk yang baru belajar pasti hanya tahu membuatnya saja, untuk itu silahkan simak rangkuman membuat blog dibawah ini yang sudah saya urutkan mulai dari pertama.


Tutorial Lanjutan Mengenai Blog (Blogger)

Setelah anda sudah paham mengenai dasar-dasar dalam mengelola blog di blogger, selanjutnya anda bisa bereksperimen mengatur apa saja di blog anda melalui blogger. Untuk tutorial lanjutannya bisa dilihat dibawah ini.


Tips dan Tutorial Blog Lainnya

Untuk selanjutnya ini ada tutorial tambahan beserta tips yang bisa anda baca dan gunakan di blog anda. Berikut rangkumannya.


Cara Mengganti Domain Blog dengan Domain TLD

Nah jika anda bersunguh-sungguh dalam mengelola blog, tidak ada salahnya anda membelikan sebuah domain berbayar atau TLD untuk blog anda. Untuk mengganti domain atau custom domain bisa rangkuman tutorial dibawah ini.


Menjadikan hobi menjadi penghasilan dengan Google Adssense

Jika blog anda sudah memiliki banyak visitor, anda bisa memanfaatkanya untuk mendapat penghasilan tambahan. Salah satu yang mungkin paling menjanjikan adalah berkerja sama dengan media periklanan, untuk media periklanannya saya sarankan dengan Google adsense, karena google adsense sudah terbukti membayar dan cukup populer di kalangan blogger. Untuk rangkumannya bisa dilihat dibawah ini.

Nah itulah semua postingan di blog ini mengenai "tutorial blog" yang sudah saya posting selama saya berkecimpung di dunia blogger setahun ini. Jika nanti ada tutorial lainnya akan saya tambahkan diatas. Demikian rangkuman artikel yang dapat saya bagikan dan terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengetik Huruf atau Simbol Yang Tidak Ada di Keyboard

Cara Membeli Pulsa Online di Bukalapak Via Aplikasi Android

Tutorial Cara Membeli Domain di RumahWeb