Cara Membuat dan Membuka Email Dengan Domain Sendiri

Cara membuat email dengan domain sendiri (Email Professional),- Seiring berkembangnya teknologi, membuat banyak produsen apa saja semakin mengembangkan produknya. Seperti halnya sebuah produk, di Internet sendiri sering berjalannya waktu juga semakin maju dalam hal menyediakan informasi bagi masyarakat. Informasi yang ada di internet tersebut juga tidak lepas dari yang namanya situs web atau Blog, Web/Blog inilah yang menjadi wadah penyampai informasi ke pengunjung. Terlebih lagi sekarang banyak blog-blog personal bermunculan dengan informasi yang diberikan, yang tentunya akan semakin luasnya informasi yang beredar di Internet.

Blog-blogyang ada di Internet juga banyak menyediakan fitur untuk membantu pengunjung, salah satunya adalah komentar. Fitur komentar di sebuah blog juga sangat membantu pengunjung agar dapat berinteraksi dengan pemilik blog, namun ada juga bentuk interaksi secara privat atau interaksi yang hanya boleh diketahui oleh satu pengunjung dengan pemilik blog. Cara dalam berinteraksi secara privat salah satunya bisa lewat email, dengan bantuan email pengunjung bisa berinteraksi dengan pemilik situs tanpa harus takut diketahui oleh pengunjung lain.

Lalu bagaimana cara mengetahui email dari pemilik Blog? Biasanya pemilik blog yang baik akan memberikan fitur "Contact us/Kontak kami" di blog mereka agar pengunjung bisa mengirim pesan ke pemilik blog. Lalu apakah Anda pernah melihat ada yang berbeda pada email di Blog atau Web-web yang menggunakan email dari domain mereka, contohnya seperti admin@sebuahdomain.com. Jika melihat domain tersebut pastinya akan terlihat professional dengan menggunakan nama domain dengan domain sendiri.

Nah untuk membuat domain tersebut juga tidak sembarangan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Di antaranya adalah memiliki sebuah domain dan juga sebuah hosting, lalu bagaimana jika hanya mempunyai domain tapi tidak punyai hosting atau hosting masih ikut Blogger? Jika tidak punya hosting berarti tidak bisa membuatnya, karena proses membuat email professional tersebut harus menggunakan sebuah hosting atau lebih tepatnya menggunakan cPanel. Nah jika Anda sudah mempunyai sebuah hosting bisa langsung membuatnya, untuk tutorialnya bisa dilihat dibawah ini.

Cara membuat email dengan domain sendiri lewat cPanel


1. Pertama silahkan masuk ke cPanel menggunakan domain Anda, contohnya http://domain-anda.com/cpanel

2. Jika sudah maka Anda akan diarahkan ke halaman login. Silahkan masuk dengan username dan password hosting yang diberikan oleh reseller hosting dimana Anda beli.

3. Kemudian cari menu "Email Account" dengan mengetikan kata kunci tersebut pada kolom yang sudah disediakan.


4. Jika sudah masuk tinggal buat email professional Anda, untuk pengisiannya cukup mudah yakni tinggal masukkan nama email, pilih domain yang akan digunakan sebagai email, password, dan masukkan maksimal kuota untuk kapasitas email anda. Jika sudah klik Create Account.


5. Nah jika sudah maka akan terlihat email yang sudah Anda buat dibagian bawah form pembuatan tadi.


Cara mengakses atau membuka email yang sudah dibuat


Nah jika sudah membuat email dengan domain sendiri atau email professional, selanjutnya kita mencoba mengakses email tersebut, untuk caranya disini kita akan menggunakan layanan webmail cPanel lewat domain Anda.

1. Pertama silahkan masuk ke layanan Webmail dengan menggunakan domain Anda, contohnya seperti http://domain-anda.com/webmail

2. Kemudian silahkan masuk dengan menggunakan email dan password yang sudah dibuat tadi, nah disini Anda akan disuruh memilih platform untuk membuka email Anda yakni Horde, Roundcube dan SquirrelMail. Kalau saya sendiri lebih suka mengunakan "SquirrelMail", karena tampilannya yang sederhana dan ringan saat diakses.

3. Selesai.

Nah sekarang Anda sudah mempunyai Email Professional dengan domain milik Anda sendiri, itulah cara mudah membuat email dengan domain sendiri lewat cPanel dan cara mengaksesnya. Sekian dan terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengetik Huruf atau Simbol Yang Tidak Ada di Keyboard

Cara Membeli Pulsa Online di Bukalapak Via Aplikasi Android

Tutorial Cara Membeli Domain di RumahWeb