Cara Render Adobe After Effect Yang Benar

Cara Export (Render) Adobe After Effects yang Benar,- Pernahkan Anda melihat sebuah video yang menampilkan seni atau efek yang luar biasa? Jawabanya mungkin ia jika Anda sering berjunjung ke situs Youtube. Pasalnya banyak situs bermunculan yang banyak menghadirkan video yang biasa saja hingga yang luar biasa, kebanyakan video tersebut tidak hanya menghadirkan video hasil rekaman saja tapi ada juga video yang diberi sentuhan efek yang akhirnya membuat semakin sempurnanya video tersebut. Efek yang dihasilkan oleh berbagai video tersebut juga tidak terlepas dari software pencipta atau pembuat effects tersebut.

Mungkin Anda bertanya-tanya software apa yang mampu menghasilkan efek yang begitu bagus sehingga membuat sebuah video menjadi sempurna. Kalau berbicara mengenai software untuk memberi efek pada video pastinya ada banyak sekali, namun hanya ada beberapa saja yang mampu menghasilkan efek yang luar biasa. Salah satu softwarenya yang mungkin cukup baik dalam menghasilkan sebuah efek pada sebuah video adalah Adobe After Effects, melihat namanya pasti banyak yang sudah tahu jika Adobe After Effects ini dikembangkan oleh perusahaan software terbesar yakni Adobe.

Karena Adobe banyak menghadirkan software berkualitas seperti Adobe Photoshop ataupun Adobe Premiere, pastinya Adobe After Effects juga mempunyai fitur yang lebih dari yang lain. Benar saja, adobe after effects banyak memiliki fitur yang bisa digunakan untuk membuat effects yang begitu bagus dan begitu nyata, terlebih lagi ada beberapa film yang menggunakan after effects ini untuk menghasilkan effects pada film yang dibuat. Walaupun begitu penggunakan dari adobe after effects ini juga tidak mudah seperti kelihatannya, pasalnya banyak fitur yang memerlukan pemahan khusus untuk penggunaanya.

Namun, jika Anda sering belajar dalam mengoperasikan software ini lama kelamaan pasti akan bisa, serta mengetahui apa saja fungsi beberapa fitur yang ada di dalam software Adobe After Effects. Nah jika sudah bisa menghasilkan sebuah efek atau video dengan After Effects langkah terakhir pasti akan di Export atau disimpan dalam bentuk sebuah file Video. Namun sebelum menjadi sebuah video pastinya terlebih dahulu akan masuk ke proses sebelum menjadi video, dan proses tersebut biasanya disebut "Render". Proses render inilah yang akan menjadi akhir proses pembuatan video pada after Effects. Nah untuk cara render yang baik dan benar, dengan hasil ukuran yang tidak terlalu besar bisa dilihat pada tutorial dibawah ini.

Cara Export (Render) Video pada After Effet yang Benar


1. Pertama silahkan buka project after effects yang ingin di render/export, kemudian pastikan durasi project sudah benar berada di titik awal.

2. Jika sudah, untuk masuk ke menu render pilih menu Composition - Add to Render Queue di bagian menubar atas.


3. Setelah itu Anda akan langsung diarahkan ke bagian render yang letaknya dibagian bawah, disini agar hasilnya baik dan ukuran yang dihasilkan tidak terlalu besar kita akan menggunakan format mp4 (H.264). Untuk cara settingnya klik bagian "Lossless" dibagian Output Module.


4. Nah untuk pengaturannya cukup simple, silahkan pilih format video "H.264" karena format tersebut adalah istilah lain dari format .mp4. Lalu pada "Audio Output" silahkan dicentang agar suaranya dapat muncul, dan terakhir klik OK.


5. Selanjutnya kita akan menentukan dimana lokasi video tersebut nantinya akan disimpan, untuk caranya silahkan klik pada bagian "Output To" lalu cari dimana nantinya hasil video tersebut di simpan dan jangan lupa kasih nama. Jika semuanya sudah selesai tinggal klik "Render" untuk proses menghasilkan video.


Nah mudah bukan cara mengeksport hasil project after effects ke dalam bentuk video, dengan format mp4 tersebut file video yang nantinya dihasilkan tidak terlalu besar seperti format Avi. Dan lama tidaknya render juga dipengaruhi oleh project yang dibuat, singkatnya semakin bagus effects yang dibuat maka semakin lama juga proses rendernya. Ok itu saja tutorial yang dapat saya bagikan kali ini, sekian dan terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengetik Huruf atau Simbol Yang Tidak Ada di Keyboard

Cara Membeli Pulsa Online di Bukalapak Via Aplikasi Android

Tutorial Cara Membeli Domain di RumahWeb