Cara Upload File di Google Drive Via Aplikasi Android

Cara Upload File di Aplikasi Google Drive Android, - Tepat satu tahun yang dulu saya pernah membagikan tutorial mengenai cara upload file di Google Drive dekstop. Karena pengguna smartphone lebih banyak ketimbang dengan pengguna dekstop PC, kali ini saya kembali membagikan tutorial yang sama yaitu cara upload file di Google Drive tapi menggunakan Aplikasi Google Drive Android.

Bagi pengguna komputer khususnya yang sering berinternet pasti tidak asing dengan yang namanya Google Drive, salah satu situs penyimpanan milik Google ini memang menjadi salah satu situs penyimpanan sekaligus situs download terpopuler di dunia. Hal tersebut karena Google Drive selaku layanan milik Google mempunyai kecepatan di atas rata-rata baik saat upload maupun download, terlebih lagi Google Drive ini terhubung dengan akun Gmail yang sudah dipastikan aman saat menyimpan file di Google Drive ini.

Selain memiliki kecepatan transfer data diatas rata-rata, Google Drive memiliki kelebihan lain pada kapasitas penyimpanan, dimana untuk penyimpanan gratisnya kita akan mendapatkan ruang sebesar 15 GB untuk menyimpan file kita disini. Cukup besar memang dibanding dengan situs penyimpanan lain yang rata-rata memiliki kapasitas 10 GB kebawah.

Menyimpan file di Google Drive sekarang ini bisa dilakukan dimana saja, jika dulu hanya bisa dilakukan di browser PC sekarang bisa dengan mudah dilakukan di smartphone. Sejak kepopuleran robot hijau kini Google lebih mengutamakan Google Drive dalam bentuk Aplikasi, melihat pengguna smartphone sekarang ini lebih banyak ketimbang di PC ataupun laptop. Manfaat lain dari upload di Google Drive via aplikasi adalah bisa mengurangi ruang penyimpanan pada smartphone karena pada dasarnya setiap smartphone pasti memiliki batas maksimum penyimpanan.

Untuk mengupload file di Aplikasi Android tidak jauh berbeda dengan mengupload di browser PC karena memang fitur dan tampilannya tidak jauh berbeda walaupun sedikit disesuaikan dengan tampilan mobile. Untuk Aplikasi Google Drive di Android sendiri bisa langsung diunduh di Play Store atau bisa lewat situs Google Drive WEB. Nah untuk cara upload atau menyimpan file di Google Drive via aplikasi bisa dilihat pada tutorial berikut ini.

Cara Upload File di Google Drive via Aplikasi Android

1. Petama silahkan download dulu aplikasi "Google Drive", bisa download di Play Store.
2. Kemudian silahkan login pada Google Drive tersebut menggunakan akun Gmail, karena memang jika ingin menggunakan Google Drive wajib menggunakan akun Gmail.

3. Jika klik tanda (+) di pojok kanan bawah aplikasi, lalu pilih menu upload. Namun sebelum itu Anda bisa membuat folder terlebih dahulu untuk tempat penyimpanan nanti supaya tidak tercampur dengan yang lain, tapi jika tidak langsung klik logo Upload.


4. Selanjutnya akan muncul beberapa menu dibilah samping kiri, disana silahkan pilih tempat dimana Anda menyimpan file. Untuk foto bisa langsung klik menu "Galeri" untuk mempermudah, jika sudah pilih file yang ingin di upload.

5. Disini file yang And pilih belum terupload, maka dari itu silahkan klik ikon refresh kecil pada file tersebut, dan tunggu proses uploading.


Nah mudah bukan cara upload file di Google Drive via Aplikasi Android, dengan begitu file yang memenuhi ruang smartphone Anda bisa berkurang dengan menyimpanya di Google Dricve. Demikian tips aplikasi Android yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengetik Huruf atau Simbol Yang Tidak Ada di Keyboard

Cara Membeli Pulsa Online di Bukalapak Via Aplikasi Android

Tutorial Cara Membeli Domain di RumahWeb